Pengertian Mesin EDC dan Jenisnya yang Wajib Diketahui


Anda pasti pernah melihat mesin kecil berbentuk seperti telepon genggam, saat berbelanja di pusat perbelanjaan besar ataupun makan di restoran. Nah, mesin ini biasanya disebut dengan mesin EDC. Lalu apa pengertian mesin EDC dan jenis-jenisnya?

Alat ini memiliki fungsi yang luar biasa dan berguna bagi para pemilik bisnis. Di bawah ini bisa Anda simak informasi terkait mesin EDC dan jenis-jenisnya bagi bisnis.

Pengertian Mesin EDC

Electronic Data Capture atau mesin EDC adalah salah satu mesin yang dapat membantu proses pembayaran pada pelanggan hanya dengan menggunakan kartu kredit. Dimana mesin ini akan terhubung langsung melalui rekening bank apapun.

Jika dilihat dari bentuknya hampir sama dengan telepon genggam. Sehingga mesin EDC ini dapat digunakan untuk memproses pembayaran dari mencetak  sampai transaksi pembelian pelanggan dalam bentuk struk.

Pada mesin EDC ada sebuah komponen yang dikenal sebagai Graphical User Interface/GUI. Peran mesin ini untuk memvalidasi data yang masuk, memasukan beberapa data, dan membuat laporan dari analisis data yang sudah dikumpulkan.

Jenis-jenis Mesin EDC 

Di bawah ini ada beberapa jenis mesin EDC terbaik yang harus Anda ketahui, yaitu:

Jenis GPRS Mobile 

Jenis GPRS Mobile merupakan jenis mesin EDC yang pertama. Mesin EDC ini berguna untuk menaruh sinyal seluler yang tidak harus terhubung menggunakan arus listrik dari stop kontak. Sebab mesin ini sudah mempunyai baterainya sendiri. 

Jenis mesin ini bisa dibilang handy karena mudah dibawa kemanapun. Sehingga lebih cocok untuk Anda yang suka ikut event booth untuk mempromosikan produk bisnis.

Mesin EDC GPRS 

Mesin EDC versi GPRS masih mengandalkan yang namanya sinyal seluler GPRS. Selain itu, mesin ini menggunakan aliran arus listrik supaya bisa berfungsi. 

Tak sama dengan jenis sebelumnya,  mesin ini harus di colokan terlebih dahulu dengan stop kontak. Bahkan, untuk penggunaan mesin EDC GPRS ini tak mudah seperti jenis sebelumnya.

Mesin EDC Versi Fixed Line 

Jenis fixed line merupakan mesin EDC yang terakhir. Dimana jenis mesin ini mengutamakan kabel telepon fixed dari pihak operator Telkom. 

Kabel ini seharusnya tersambung supaya proses transaksi bisa langsung diproses oleh pihak bank yang berhubungan  dengan data. Mesin EDC ini termasuk ke dalam versi umum dari mesin EDC yang biasanya digunakan oleh pebisnis.

Itu saja informasi yang dapat disampaikan terkait pengertian mesin EDC dan jenis-jenisnya yang bisa Anda ketahui. Memang di era teknologi saat ini, sebaiknya Anda mempertimbangkan penggunaan mesin EDC di kasir. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pilihan dalam bertransaksi kepada para pelanggan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Mesin EDC dan Jenisnya yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel