Tips Menabung Secara Islam yang Patut Dicoba


Mengelola keuangan dengan baik maka akan menciptakan kondisi finansial yang stabil juga di dalam rumah tangga. Itulah mengapa Islam juga mengajarkan bagaimana cara mengelola keuangan atau finansial, mengatur urusan yang berhubungan dengan dunia ini juga sangat penting. Karena faktanya berbagai macam masalah bisa timbul ketika keuangan seseorang juga tidak sehat, misalnya adalah kejahatan seperti pencurian, korupsi sampai dengan perceraian. Hal itulah yang membuat Islam juga mengajarkan pentingnya menabung, menabung untuk tujuan masa depan, tabungan qurban, tabungan haji, tabungan masjid serta yang lainnya.

Berikut ini diantaranya ada beberapa tips menabung dalam Islam yang juga patut untuk Anda terapkan, yaitu:

  1. Bekerjalah secara halal, penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan yang halal atau di ridhoi oleh Allah SWT jauh lebih baik dibandingkan dengan usaha yang haram. Karena uang yang didapatkan dari pekerjaan haram nantinya juga akan haram dan biasanya mudah untuk hilang, tidak akan ada berkah didalamnya.
  2. Belanjakan uang secara sederhana, agar bisa menabung menurut Islam, maka biasakan diri untuk membelanjakan atau menggunakan uang tersebut juga secara sederhana, tidak berlebihan atau menghambur-hamburkan uang yang dimiliki.
  3. Sisihkan sebagian rezeki tersebut, jangan langsung menghabiskan semua uang yang didapatkan dari bekerja, melainkan sebagian diantaranya alangkah lebih baik untuk disisihkan, yaitu digunakan sebagai dana darurat atau jaga-jaga untuk kepentingan di masa depan.
  4. Sebisa mungkin hindari berhutang, bagaimanapun juga yang namanya hutang hanya akan membuat pikiran menjadi tidak tenang. Apalagi juga faktanya banyak sekali masalah yang bisa ditimbulkan karena kebiasaan di dalam berhutang tersebut, sehingga jangan sampai Anda juga mengalami hal yang sama.
  5. Perbanyak sedekah, jangan punya pikiran kaya dulu baru sedekah, justru sebaiknya bersedekah sampai kaya, karena dari sebagian harta yang dimiliki tersebut terdapat juga harta dari orang lain yang membutuhkan.

Menabung tanpa riba bisa Anda percayakan kepada Bank Syariah Bukopin karena akan membebaskan Anda dari bunga. Berbagai produk tabungan tersedia disini, termasuk tabungan multiguna syariah yang cocok untuk berbagai tujuan di masa mendatang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menabung Secara Islam yang Patut Dicoba"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel