Apa Itu Arbitrase, Prosedur dan Peraturannya


Apa Itu Arbitrase? Arbitrase merupakan sebuah penyelesaian sengketa perdata yang ada di luar peradilan hukum. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 pasal 1 ayat 1 terkait Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

Arbitrase termasuk salah satu cara untuk menyelesaikan sebuah sengketa di luar peradilan umum berdasarkan perjanjian yang sudah tertulis oleh para pihak sengketa. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal tentang arbitrase.

Apa Itu Arbitrase Dalam Kripto?

Arbitrase crypto merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencari keuntungan dari selisih harga dari 2 pasar crypto pada waktu tertentu. Arbitrase bisa dilakukan oleh seseorang arbitrage hanya dengan membeli crypto dari market B dengan harga murah dan menjualnya kembali ke market C.

Praktik dari dagang arbitrase ini sebenarnya sudah banyak dilakukan di seluruh dunia. Hanya dengan melakukan penawaran beberapa pilihan layanan exchange yang menggunakan likuiditas tinggi. 

Ada beberapa contoh dari exchange likuiditas tinggi yakni Poloniex dan Toko Crypto. Dua contoh ini bisa saja meningkatkan volume transaksi secara keseluruhan. Bahkan, kenaikan dari volume transaksi ini dapat mempengaruhi harga dari sebuah aset di pasar.

Cara Kerja Arbitrase pada Dunia Trading Crypto

Cara kerja arbitrase sendiri bisa dipahami secara sederhana. Dimana para arbitrage dapat membeli crypto yang sedang dijual murah pada salah satu market. 

Dengan begini, Anda akan menjual kembali ke market lain untuk harga yang lebih tinggi. Proses ini sebenarnya bisa dilakukan jika arbitrage sudah menganalisa analisis biaya dari kedua platform. 

Selanjutnya, Anda akan membandingkan seberapa besar keuntungan dan kerugian dari crypto tersebut. Sehingga seorang trader akan menerapkan beberapa metode arbitrase tidak pernah dilakukan dengan menggunakan strategi Hold On for Dear Life.

Berikutnya, Anda akan menjual aset cryptocurrency yang dimiliki dalam waktu tertentu. Proses dari analisa dan perhitungan biaya yang dilakukan oleh seorang arbitrage memang membutuhkan waktu.

Sebab, semakin lama waktu yang dibutuhkan, maka akan semakin tinggi peluang keuntungan yang didapatkan. Walaupun pertaruhan ini cukup menantang, namun analisis dan perhitungannya harus tepat.

Bahkan, arbitrage nantinya akan menentukan strategi trading yang lebih ideal. Melalui cara yang dijelaskan pada contoh di atas, maka diketahui bahwa trading arbitrase bisa memberikan peluang keuntungan dari selisih harga di pasar keuangan. 

Oleh sebab itu, seorang arbitrage harus dapat menemukan selisih harga dan mempunyai kemampuan untuk menjual asetnya dalam waktu yang cepat. Hal ini dikarenakan pelaku dari trading arbitrase bisa saja mengambil kesempatan yang sempit.

Untuk menjalankan perdagangan seperti ini, seorang arbitrage bisa membuat beberapa akun sesuai dengan exchange crypto. Selain itu,  juga bisa memiliki aset pada akun tersebut. 

Hal ini bertujuan agar tidak perlu lagi mengirimkan aset kripton saat melakukan perdagangan arbitrase tersebut. Namun bisa saja seorang arbitrage tersebut menerapkan cara yang lain. 

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan terkait apa Itu Arbitrase, semoga bisa menambah wawasan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Arbitrase, Prosedur dan Peraturannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel