Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Alami, Tak Perlu Obat-obatan dari Dokter


Sebagian besar wanita memang kerap kali bermasalah dengan menstruasi mereka, dimana ketika sudah masuk waktu haid maka perut akan sangat sakit. Rasa sakit yang dialami ini sebenarnya adalah hal yang cukup normal terjadi, selama tidak begitu parah disertai dengan beberapa gejala layaknya pendarahan berat, anemia sampai dengan pingsan. Tetap ada cara meredakan nyeri haid tersebut dengan tepat, sehingga nantinya tidak akan terlalu mengganggu Anda.

Tanpa harus mengonsumsi obat-obatan dari dokter sebenarnya tetap ada cara meredakan nyeri haid yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Melakukan olahraga ringan, selama haid memang tidak dianjurkan bagi Anda untuk bermalas-malasan. Karena justru dengan jarang bergerak hanya akan memperparah kondisi tersebut. Dengan melakukan olahraga ringan sebenarnya justru akan membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar. Selain itu aktivitas olahraga tersebut nantinya akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang berguna untuk membantu mengurangi efek dari hormon prostaglandin yang memang bisa memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Untuk itu lakukan olahraga ringan agar nantinya otot bagian perut juga lebih kendur.
  2. Kompres area perut Anda, cara meredakan nyeri haid lain yang juga dapat dicoba adalah dengan mengompres bagian perut yang bermasalah tersebut. Anda dapat mengisinya dengan menggunakan air hangat. Karena dengan suhu panas ini akan membantu untuk melemaskan otot bagian perut dan juga mengurangi rasa tegang yang menyebabkan sakit. Tempelkan botol yang sudah diisi air hangat ke bagian perut Anda sambil dipijat-pijat.
  3. Melakukan akupuntur, tentunya teknik yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, melainkan yang sudah ahli saja, dimana nantinya akan digunakan jarum yang ditusukkan ke bagian tubuh tertentu untuk meredakan rasa sakit tersebut.
  4. Mengonsumsi teh chamomile, ini termasuk bagian dari teh herbal yang bagus untuk kesehatan, chamomile ini memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Karena ia mengandung senyawa hippurate yang berguna untuk melawan terjadinya peradangan dalam tubuh. Hadirnya senyawa yang satu ini memang sangat bagus untuk mengurangi peradangan dan juga mengurangi produksi prostagladin.
  5. Konsumsi air putih secara cukup, faktanya dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan seseorang mengalami kram otot, termasuk diantaranya adalah di bagian perut. Mengonsumsi air putih merupakan cara terbaik untuk menghindari terjadinya kram otot yang menyakitkan. Namun pastikan yang Anda konsumsi tersebut adalah air putih biasa tanpa adanya bahan tambahan seperti gula dan sejenisnya, karena tidak sehat.
  6. Kurangi stress, orang-orang yang sedang dalam kondisi stress ternyata berpotensi besar untuk mengalami masalah nyeri haid. Jadi pastikan Anda menjaga pikiran agar tetap tenang, seperti diantaranya adalah memperbanyak hiburan seperti menonton film, berjalan-jalan sampai dengan meditasi.
  7. Hindari konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu, seperti diantaranya adalah makanan yang berlemak, tinggi kandungan soda dan juga alkohol, karena makanan semacam ini justru akan memicu nyeri haid yang semakin parah. Faktanya memang garam, gula, lemak sampai dengan alkohol bisa menyebabkan terjadinya penumpukan air dalam tubuh, sehingga memicu perut kembung.

Imbangi juga dengan konsumsi herbal yang tepat sebagai cara meredakan nyeri haid dengan mudah. Diantaranya adalah dengan menggunakan Herbana, tentunya tak asing lagi dengan nama suplemen atau multivitamin yang satu ini bukan. Ia mengeluarkan banyak produk herbal yang bagus untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Alami, Tak Perlu Obat-obatan dari Dokter"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel