Berikut Tiga Upaya Pemulihan Pasca Stroke yang Bisa Dilakukan

Upaya Pemulihan Pasca Stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang bisa untuk dicegah. Dimana apabila terkena penyakit ini nantinya akan susah untuk kembali ke kondisi semula. Selain itu penderita stroke juga perlu untuk melakukan berbagai pemulihan pasca stroke yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup penyintas. 

Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan baik dengan bantuan profesional dan juga bisa dilakukan di rumah dengan panduan yang diberikan oleh tenaga medis yang ahli. Misalnya saja beberapa upaya yang diperlukan untuk bisa mengembalikan kondisi pasien agar menjadi lebih baik setelah terkena stroke adalah sebagai berikut ini:

1. Fisioterapi

Upaya pertama yang dapat dilakukan untuk pemulihan stroke adalah dengan fisioterapi. Ada berbagai jenis fisioterapi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bisa untuk didapatkan bagi penderita stroke. Pilihan fisioterapi merupakan pilihan utama untuk pemulihan pasien pasca mengalami stroke. Adapun untuk fisoterapi bisa dilakukan sesuai setelah pasien terkena stroke dan dimulai dalam sehari hingga 2 hari setelah pasien kondisinya lebih stabil setelah serangan stroke. Adapun untuk lamanya melakukan fisioterapi ini bisa memperhatikan kondisi pasien sendiri. Ketika mempunyai serangan stroke yang tidak terlalu parah maka akan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan penderita stroke berat.

Ketika memilih fisioterapi yang didapatkan juga bisa memperhatikan kondisi pasien. Sehingga hal tersebut akan bermanfaat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Misalnya saja nantinya akan diberikan fisioterapi anggota badan yang terkena serangan paling parah. Seperti ketika mengalami kelumpuhan, maka untuk fisioterapi akan dilakukan pada bagian tangan dan kaki. Fisioterapi bisa dilakukan dengan bertahap sehingga akan dapat untuk mengembalikan kondisi dan membuat kondisi pasien lebih baik. Adapun untuk tujuannya adalah dapat untuk memulihkan kekuatan dan juga bisa menghindari kaku otot yang terjadi karena mengalami kelumpuhan setelah terkena stroke.

2. Pendampingan psikis

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk memberikan pemulihan tidak hanya dalam kondisi fisik pasien. Tetapi pemulihan stroke juga perlu untuk memberikan pendampingan pada psikis pasien. Hal ini sangat penting sehingga pasien tidak mengalami depresi berat sehingga hal tersebut juga akan mempengaruhi keberhasilan perawatan yang akan diberikan. Terapi kejiwaan dan juga memberikan dukungan dari keluarga terdekat akan sangat penting untuk diberikan pada pasien stroke. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk meningkatkan semangat dan juga menemukan tujuan hidup kembali dari pasien. Apabila diperlukan Anda juga dapat untuk memberikan terapi kejiwaan dari tenaga profesional. Sehingga nantinya akan dapat mencegah depresi berat berkepanjangan yang juga akan mengganggu kualitas hidupnya.

3. Pencegahan stroke berulang

Cara pemulihan terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mencegah stroke berulang. Apabila mengalami stroke juga ada serangan lainnya yang dapat terjadi. Sehingga hal tersebut akan membuat kondisi pasien menjadi lebih parah. Selain terapi fisik dan juga psikis pasien, Anda perlu untuk memberikan langkah pencegahan agar tidak mengalami stroke berulang. Dimana cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut ini:
  • Pemulihan pasca stroke pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat secara teratur. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mendukung pasien agar mempunyai kondisi lebih baik.
  • Melakukan kontrol yang dilakukan secara berkala. Anda bisa mengecek kondisi ke dokter secara berkala.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  • Olahraga secara teratur untuk mendukung perawatan yang diberikan.
  • Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Belum ada Komentar untuk "Berikut Tiga Upaya Pemulihan Pasca Stroke yang Bisa Dilakukan "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel