Cara Mengatasi Maag dengan Mengubah Gaya Hidup

Cara Mengatasi Maag dengan Mengubah Gaya Hidup

Maag merupakan salah satu penyakit yang umum dipunyai oleh seseorang. Dimana penyakit ini akan membuat rasa tidak nyaman pada perut ketika kambuh, yang biasanya disebabkan oleh telat makan. Maag merupakan penyakit yang disebut sebagai dyspepsia dalam dunia medis dan merupakan bukan sebuah penyakit. Akan tetapi maag merupakan gejala gangguan lambung seperti GERD, infeksi lambung, radang lambung, dan juga tukak lambung. Maag muncul karena mempunyai gaya hidup tidak sehat, sehingga cara mengatasi maag juga dapat dari mengubah pola hidup yang dimiliki. Selain dengan menggunakan obat-obatan ketika maag kambuh, Anda bisa untuk mengubah pola hidup seperti berikut ini untuk dapat mengatasi maag yang dipunyai:

Mengatur pola makan

Cara pertama untuk mengatasi maag dengan mengubah gaya hidup adalah dengan mengatur pola makan yang dipunyai. Anda bisa untuk menghindari makanan yang dilarang dan tidak baik untuk penderita maag. Selain itu juga dapat untuk memperbanyak makanan dan minuman yang baik untuk penderita maag. Adapun beberapa cara mengatur pola makan yang baik untuk penderita maag yang dapat dilakukan adalah:
  • Makan dalam porsi kecil tapi sering sehingga hindari untuk makan secara berlebihan dalam satu waktu.
  • Tidak langsung berbaring hingga 2-3 jam setelah makan.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam.
  • Tidak mengkonsumsi minuman bersoda, kafein, dan juga alkohol.
  • Hindari makanan yang memicu maag seperti mint dan cokelat.

Mengubah kebiasaan

Selain mengubah makanan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan menghindari makanan yang dapat memperparah kondisi maag, cara selanjutnya adalah dengan mengubah kebiasaan yang dipunyai. Hal ini akan dapat mengatasi dan mencegah maag lebih mudah untuk kambuh sehingga mengganggu kesehatan dan membuat rasa tidak nyaman. Adapun untuk beberapa kebiasaan yang baik dan sebaiknya dihindari oleh penderita maag adalah:
  • Penderita maag sebaiknya hindari kebiasaan merokok karena akan membuat kondisi menjadi lebih parah.
  • Penderita maag sebaiknya juga tidak minum ketika sudah larut malam.
  • Penderita maag sebaiknya berolahraga secara rutin untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Akan tetapi juga penting untuk memilih waktu tepat untuk olahraga yaitu hindari olahraga setelah makan.
  • Hindari untuk menggunakan pakaian ketat yang dapat menekan lambung membuat penyakit asam lambung.
  • Hindari menggunakan obat-obat yang membuat lambung iritasi seperti obat anti inflamasi non steroid.

Mengelola stress

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi maag adalah dengan mengelola stress. Ketika Anda mempunyai banyak pikiran dan tekanan, hal tersebut juga akan membuat lebih mudah untuk sakit termasuk juga dapat membuat maag lebih mudah kambuh. Mengelola stress ini dapat dilakukan dengan banyak cara yaitu bisa menggunakan langkah seperti berikut ini:
  1. Cara mengatasi maag dengan mengelola stress adalah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga membuat Anda lebih senang dan tidak stress. Lakukan hobi yang disukai sehingga bisa mengurangi stress.
  2. Lakukan beberapa hal yang dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks seperti bisa meditasi, latihan relaksasi, yoga, dan j
  3. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi ke psikologis apabila mempunyai kondisi stress yang lebih serius. Karena hal tersebut akan dapat membuat kondisi maag menjadi lebih parah dan juga menimbulkan komplikasi penyakit lebih serius seperti pendarahan lambung, kebocoran lambung, hingga kanker lambung. Oleh karena itulah untuk mengelola stress lebih baik Anda bisa berkonsultasi ke psikologi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Maag dengan Mengubah Gaya Hidup"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel