Tips Memelihara Jenis Ras Kucing Persia agar Bulunya Tidak Mudah Rontok


Hewan dengan bulu yang lembut serta mempunyai tingkah lucu dan menggemaskan ini memang sudah biasa dijadikan peliharaan. Dari sekian banyak jenis kucing, Jenis ras kucing persia menjadi idaman oleh beberapa orang untuk dipelihara. 

Bagi Anda yang suka dengan kucing dan akan memelihara kucing ini, ada baiknya lihat tips memelihara kucing persia dibawah ini.

Ciri-ciri Jenis Ras Kucing Persia

Bagi Anda yang belum mengetahui kucing persia. Mungkin Anda akan kesulitan dalam memeliharanya. Sebab, kucing ini mempunyai bulu yang lebih panjang dan lebat, jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya. 

Nah, sebelum bicara lebih jauh mengenai tips memelihara kucing persia. Berikut ini ciri-ciri Jenis ras kucing persia yang perlu Anda ketahui agar bisa membedakannya.

  • Bentuk wajah cenderung lebih bulat
  • Hidung terlihat lebih pesek
  • Telinga berdekatan yang lebih besar
  • Kaki lebih besar, jika dibandingkan dengan kucing lokal
  • Bulu lebih panjang dan lebat

Selain ciri-ciri fisik yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa membedakan kucing persia dari perilaku dan sifatnya. Secara umum, kucing persia lebih lembut, tenang dan juga sangat manja. Maka, tidak heran jika ada banyak orang yang lebih suka memelihara kucing persia.

Tips Memelihara Jenis Ras Kucing Persia

Sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana tips memelihara Jenis ras kucing persia? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Persiapkan Kandang yang Lebih Besar

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah kandang kucing yang terbuat dari besi. Usahakan untuk menggunakan kandang yang berukuran lebih besar, sebab kucing Anda akan lebih mudah bergerak dan juga sangat mudah untuk dibersihkan. 

Kucing juga tidak akan mudah stres saat berada di kandang yang lebih besar. Serta juga akan membuat kucing Anda lebih sehat dengan kandang yang bersih. Tidak lupa juga untuk meletakkan kandang di tempat yang sering terkena sinar matahari dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Siapkan Peralatan Makan dan Minum

Saat Anda membeli kandang. Jangan lupa untuk membeli tempat makan dan minum yang dikhususkan untuk kucing. Sebab, desain wadah makan dan minum kucing, sudah dirancang senyaman mungkin saat kucing makan. Terlebih lagi lidah kucing persia lebih pendek. Sehingga saat makan atau minum menggunakan wadah baskom, akan membuat kucing tidak nyaman.

Beli Pasir dan Tempatnya 

Jika Anda baru pertama kali memelihara kucing. Menyiapkan pasir beserta dengan wadahnya sangat penting. Sebab, kucing yang masih kecil atau baru dipelihara, pasti masih beradaptasi. Sehingga memerlukan pasir yang diletakkan di kandang untuk buang hajat. 

Setelah kucing buang hajat, Anda hanya perlu membuang kotorannya dan membersihkan pasir agar pasir tetap bersih. Usahakan untuk membeli lebih banyak pasir, agar bisa bergantian, saat pasir yang satunya masih Anda bersihkan. 

Beri Makanan Kucing yang Bergizi

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya. kucing persia juga membutuhkan makanan bergizi. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, karena sudah banyak tersedia di petshop dan juga marketplace yang ada di Indonesia. Dengan memberikan makanan yang bergizi, akan membuat kucing Anda lebih sehat. Sehingga, kemungkinan bulu kucing Anda rontok akan semakin berkurang.

Beri Vaksin Secara Berkala

Selain memberi makanan yang bergizi. Kucing juga memerlukan vaksin agar tidak mudah terserang penyakit. Selain vaksin, perlu juga untuk memberikan obat cacing yang bisa menjaga sistem pencernaan kucing. 

Mandikan Kucing 1 Kali Seminggu

Untuk membersihkan kucing, Anda bisa memandikan kucing persia setiap minggunya. Gunakan air dan shampo yang dikhususkan untuk kucing saat memandikan. Setelah itu, segera keringkan bulu kucing menggunakan hair dryer sekaligus sisir bulu kucing. Usahakan menggunakan sisir khusus kucing yang dibuat lebih halus dan pendek.

Selain memandikan kucing. Bersihkan juga bagian yang sulit terjangkau, seperti telinga, mata, hidung, gigi, kuku, dan juga kelamin. Anda bisa membersihkan semua bagian tersebut menggunakan cotton buds. Dengan begitu, kebersihan kucing persia akan lebih terjaga.

Seperti itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan memelihara jenis ras kucing persia. Untuk bisa mendapatkan semua keperluan untuk memelihara kucing persia, Anda bisa membelinya di petshop terdekat. Jika di sekitar rumah Anda tidak ada petshop, jangan khawatir, karena semua keperluan untuk memelihara kucing sudah bisa Anda dapatkan di marketplace Blibli.com. Segera beli kebutuhan untuk kucing persia Anda dan dapatkan berbagai penawaran menarik yang ada di Blibli.com.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memelihara Jenis Ras Kucing Persia agar Bulunya Tidak Mudah Rontok"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel