Kenali 5 Jenis Keyword yang Sering Digunakan dalam Riset


Salah satu hal penting di dunia digital marketing yaitu memahami beragam jenis keyword. Sebab, seseorang akan mencari beragam hal menggunakan kata kunci pada mesin pencarian. Ketika menggunakan kata kunci yang tepat, maka konten yang Anda buat lebih mudah ditemukan. 

Pengertian Keyword dan Fungsinya

Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan mencari kata kunci yang sesuai agar dapat menghadirkan informasi yang relevan. Keyword adalah topik atau ide yang mampu mendefinisikan konten yang Anda sajikan. Dalam SEO, kata kunci diartikan sebagai kalimat yang digunakan pada pencarian saat ingin menemukan sebuah informasi. 

Ketika konten yang Anda buat sesuai dengan pencarian para pengguna, maka memiliki kesempatan muncul di SERP. Berikut ini sederet fungsi keyword yang harus dipahami:

  • Memperbesar kemungkinan konten Anda tampil di halaman pertama mesin pencarian. 
  • Mendatangkan traffic lebih besar ke situs Anda.
  • Sebagai penghubung antara konten dan para audience
  • Memudahkan audience menemukan konten Anda. 
  • Membantu mengidentifikasi hal yang sedang trend.

Jenis Keyword dari Berbagai Kategori

Pada dasarnya, pembagian kata kunci terbagi menjadi banyak kategori. Berikut ini jenis keyword yang harus Anda pahami merujuk pada dua kategori:

  • Berdasarkan Panjangnya

Melihat berdasarkan panjangnya, terdapat tiga jenis kata kunci. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan masing-masing jenisnya:

  • Short Tail KW

Jenis kata kunci pendek ini umumnya terdiri dari satu hingga dua kata dan menyatakan sesuatu yang lebih umum. Tantangan terbesar ketika menggunakan short tail KW yaitu kesulitan menempatkan konten di urutan atas, sebab sifatnya kompetitif. 

  • Mid Tail KW

Jenis kata kunci dan contoh selanjutnya yaitu mid tail KW. Kata kunci ini terdiri dari dua hingga tiga kata. Anda dapat menambahkan penjelasan singkat dibanding kata kunci sebelumnya. Sedangkan dalam hal kompetisi, jenis kata kunci ini lebih ringan dan memungkinkan Anda mendapatkan halaman pertama di mesin pencarian. 

  • Long Tail KW

Jenis keyword long tail memiliki jumlah kata yang lebih banyak daripada sebelumnya. Penggunaan jenis kata kunci ini lebih menguntungkan karena topik dan target audiens lebih spesifik. Walaupun jenis kata kunci ini memiliki volume pencarian lebih sedikit. 

  • Berdasarkan Target

Tidak hanya terbatas pada panjang pendeknya kata, jenis kata kunci juga dibedakan menurut targetnya, contohnya:

  • Market Segment

Market segment lebih berkaitan dengan brand tertentu. Jenis kata kunci ini bersifat lebih luas. Penggunaan jenis kata kunci ini untuk menargetkan audiens tertentu. 

  • Product Keyword

Untuk product keyword ini memiliki kandungan produk dan jasa yang lebih spesifik. Audiens yang mencari jenis keyword ini telah memiliki keinginan untuk tahu lebih dalam sampai melakukan pembelian. 

Untuk membangun bisnis, Anda bisa meminta bantuan jasa service. Sebab, tidak semua orang bisa menentukan kata kunci yang tepat. Boleh Dicoba Digital sebagai penyedia jasa telah memiliki banyak klien. Mereka puas dengan layanan yang diberikan karena dikerjakan oleh tim profesional. 

Belum ada Komentar untuk "Kenali 5 Jenis Keyword yang Sering Digunakan dalam Riset"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel