Tips Keuangan Keluarga dengan Sistem Gaji Bulanan


Bagi Anda yang baru saja menikah pasti akan sangat bahagia. Sejenak lupa dengan berbagai macam kebutuhan dan PR yang akan mengintai Anda dengan pasangan untuk kehidupan di masa depan. Yang namanya orang sudah berkeluarga pastinya tanggung jawab juga akan menjadi lebih banyak. Apalagi jika sudah memiliki anak, maka kebutuhan dan tanggung jawab juga akan menjadi sangat banyak. Lalu bagaimana caranya supaya kebutuhan keluarga bisa tercukupi dan tidak ada kebutuhan yang kekurangan? Oleh karena itu diperlukan tips keuangan keluarga yang benar supaya keluarga bisa tetap harmonis?

Kunci sukses membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera salah satunya adalah dengan memiliki sistem ekonomi yang baik dan tidak kekurangan. Bisa dilihat dari beberapa kasus bahwa banyak sekali keluarga yang tidak bahagia dan rumah tangga mengalami goncangan masalah setiap hari. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda dan pasangan harus benar-benar bisa memiliki perencanaan keuangan yang baik. Dengan perencanaan keuangan yang baik bisa menjadi salah satu jaminan bahwa keluarga Anda akan bahagia.

Apabila Anda dan pasangan kebetulan memiliki sistem gaji bulanan, berikut ini adalah tips keuangan keluarga yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

Catat semua kebutuhan bulanan 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan adalah dengan cara mencatat semua kebutuhan bulanan. Anda bisa memulainya dengan membeli segala macam kebutuhan primer terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan saja.

Belanja seminggu sekali 

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara usahakan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari dengan belanja seminggu sekali di pasar tradisional. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Karena harga bahan makanan di pasar tradisional lebih murah bila dibandingkan dengan di swalayan.

Di atas adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan keluarga yang memiliki sistem gaji bulanan. Orang dengan sistem gaji bulanan sebanyak apapun gaji yang di dapatkan jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik maka yang ada kebutuhan tidak bisa terpenuhi semua. Selain itu, Anda juga tidak akan pernah bisa memiliki uang tabungan yang nantinya bisa Anda gunakan bila suatu saat ada kebutuhan mendadak yang harus mengeluarkan banyak uang.

Tips keuangan keluarga dengan sistem gaji bulanan sebenarnya memang lebih mudah bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki sistem gaji harian. Karena orang dengan sistem gaji bulanan bisa membeli segala sesuatu yang butuhkan dengan cara belanja setiap bulan dan apabila dihitung-hitung keadaan ini akan sangat membantu untuk bisa hidup lebih hemat. Dengan catatan bisa menahan diri untuk tidak selalu makan di luar atau sering melakukan tamasya dengan keluarga yang sudah pasti akan mengeluarkan banyak uang dan kebutuhan juga semakin membengkak.

Belum ada Komentar untuk "Tips Keuangan Keluarga dengan Sistem Gaji Bulanan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel