Mengenal Pakan Burung dari Limbah Cangkang Telur


Pakan burung – Burung menjadi hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, hal itu dikarenakan selain karena hobi burung juga memiliki nilai prestise tersendiri. Burung yang dipelihara dan dipertandingkan kemudian menang akan membawa kebanggaan bagi pemiliknya.

Burung yang saat ini banyak dipelihara adalah yang memiliki kicau bagus, dengan dipelihara secara baik dan benar diharapkan burung tersebut akan memiliki kicau yang lebih bagus lagi. Tidak hanya kicaunya saja, namun kesehatan burung pun akan dinilai sehingga sudah menjadi kewajiban bagi para kicau mania untuk menjaga kesehatan burung tersebut.

Untuk menjaga kesehatannya Anda bisa memberikan pakan terbaik dan tentunya adalah merawat kebersihan kandang dengan baik dan benar.

Pakan dari Cangkang Telur

Salah satu hal yang sering dikeluhkan adalah harga pakan yang menguras dompet. Untuk mengakalinya Anda bisa memberikan pakan alami dan juga pakan buatan. Selain itu Anda juga bisa memberikannya pakan burung tambahan yang bisa didapatkan dari limbah cangkang telur. Untuk pembuatan pakan ini Anda bisa menggunakan cangkang telur apa saja seperti bebek, ayam, telur puyuh, kalkun, angsa, dan lain sebagainya.

Jika semua cangkang sudah terkumpul Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah dan cuci bersih, pastikan jika tidak ada sisa telur yang menempel pada cangkang. Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menumbuknya sampai menjadi butiran kecil dan lebih halus, setelah itu saring agar cangkang benar-benar lembut. Sangrai cangkang yang sudah lembut agar kadar airnya turun dengan drastis. Setelah itu cangkang ditumbuk lagi agar benar-benar halus.

Pemberian Pakan

Sekilas memberikan burung pakan cangkang terlihat sedikit ekstrem dan banyak yang menganggap bahwa pakan ini tidak lazim. Padahal cangkang telur mengandung kalsium yang cukup tinggi, kaya akan kalium, dan juga magnesium. 

Hampir semua jenis burung bisa memakan pakan dari cangkang telur ini seperti merpati, puter, dan juga perkutut. Cara pemberian pakan ke burung perlu untuk diperhatikan dimana Anda bisa mencampurkannya dengan voer. Untuk burung khusus seperti Lovebird, Kenari, Finch, Pleci, dan Parkit ini bisa ditempatkan di dalam wadah sendiri atau bisa juga dicampurkan dengan egg food.
 
Yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai memberikan cangkang telur ini dengan frekuensi yang berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus terutama untuk kesehatan burung itu sendiri. Saat Anda memberikan pakan burung dari cangkang telur ini terlalu banyak karena akan menyebabkan burung menjadi over kalsium. Efek yang bisa dialami oleh burung tersebut adalah binding atau telur yang susah keluar. Hal ini bisa terjadi pada burung betina yang masih produktif.

Demikianlah beberapa informasi tentang pakan burung dari cangkang telur yang sangat menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin memberikan pakan tambahan untuk burung kesayangan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pakan Burung dari Limbah Cangkang Telur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel