Tools Untuk Mengetahui Kecepatan Loading Website

Tools Untuk Mengetahui Kecepatan Loading Website

Di tahun 2018, kecepatan sebuah website atau page speed menjadi tolak ukur kualitas website, baik itu blog, toko online, website company profile, website forum, maupun website jenis lainnya. Sehingga hal inilah memaksa setiap pemilik website harus melakukan pengecek kecepatan website secara reguler agar dapat mengetahui nilainya dengan akurat.

Alasan website anda harus cepat

Ada setidaknya 3 alasan penting yang mengharuskan anda sebagai pemilik website harus mengoptimalkan kecepatan akses website, diantaranya sebagai berikut:
  • Pengunjung Tidak Sabar - hampir setiap orang atau pengguna internet memiliki kesibukan dalam menjalani aktivitas sehari-hari untuk itu banyak dari mereka yanh tidak sabar untuk segera mendapatkan apa yang mereka inginkan, baik itu hanya bersifat informasi maupun produk. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Google, 53% pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.
  • Pengunjung Tidak Kembali ke Website yang Lambat - efek dari kekecewaan tersebut akan membuat pengunjung tahu kalau website Anda loadingnya lama, sehingga mereka tidak akan kembali mengunjungi website Anda dalam waktu yang relatif lama. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh neilpatel.com dan beberapa informasi dari tutorial blog, sekitar 79% pengguna internet tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap loading-nya lama.
  • Diprioritaskan oleh Google - website yang kecepatan aksesnya cepat akan diprioritaskan oleh Google untuk ditempatkan di posisi terbaik. Hal itu telah dijelaskan oleh CEO Google yang mengatakan, penentuan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan banyak faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website. Maka semakin cepat akses website Anda, otomatis website Anda memiliki nilai baik dimata Google.

Penyebab website lambat

Ada banyak faktor yang membuat kecepatan akses website anda melambat, beberapa diantaranya penyebabnya ada di bawah ini:
  • Lokasi dan spesifikasi server hosting yang sedang digunakan.
  • Ukuran file bisa berupa gambar, video atau file multimedia jenis lainnya.
  • Penggunaan plugin yang berlebihan pada website (khususnya di wordpress).
  • Source Code yang digunakan oleh tema meliputi HTML, CSS, JavaScript dan lain sebagainya.
  • Kecepatan koneksi internet dari penggunaan.

Tools untuk mengeek kecepatan website yang gratis

Sebelum anda memulai mengoptimalkan kecepatan akses halaman web anda, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu seberapa cepat website anda.

Terdapat 2 tools yang dapat anda gunakan untuk mengecek kecepatan website dengan gratis dan mudah dalam penggunaannya, yaitu:

1. GtMetrix

GTmetrik adalah sebuah tool online yang dapat kita manfaatkan untuk memeriksa kecepatan pemuatan sebuah halaman atau website yang kita kelola.
Banyak blogger profesional yang merekomendasikan tool ini karena ia memiliki reputasi keakuratan dalam pengukuran yang cukup baik.

Menurut kabar terbaru, tool ini hanya dapat digunakan sebanyak 20 kali pemeriksaan. Untuk itu anda harus bijak ketika menggunakan tool yang satu ini.

Berikut langkah-langkah penggunaannya:
  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs gtmetrix.com.
  • Setelah situs tersebut terbuka sepenuhnya, kamu dapat memasukan link tautan web yang ingin kamu analisa kecepatannya ke dalam kolom yang telah tersedia di GtMetrix. 
  • Jika sudah, untuk mengetahui berapa nilai kecepatan website, anda dapat menekan tombol Analyze untuk memulai proses penghitungan kecepatan akses website yang anda kelola saat ini.
  • Setelah menekan button tadi "Analyze", tools ini akan bekerja secara otomatis, nantinya kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan hasil penghitungan performa kecepatan dalam memuat halaman web yang kamu miliki.
Setelah GtMetrix mengeluarkan penilaiannya, kamu dapat mengevaluasi titik kelebihan dan kelemahan pada website yang anda kelola.

Bila score yang diberikan oleh GtMetrix menunjukan angka "A", maka website yang kamu miliki memiliki reputasi sangat baik.

Apabila penilaian tersebut menunjukkan "B" itu artinya website Anda memiliki kecepatan pemuatan standar atau rata-rata web kebanyakan, namun apabila menunjukkan "C" itu artinya website anda memerlukan optimasi lebih lanjut agar performanya dapat berjalan lebih baik dan mempu bersaing di SERP Google.

2. Google PageSpeed Insights

Tools yang satu ini adalah termasuk bagian dari produk yang dimiliki oleh Google, jika Anda meragukan keakuratan hasil dari GtMetrix tadi, kamu juga bisa mencoba pemeriksaan proses pemuatan dengan tools PageSpeed Insights ini.

Berikut langkah-langkah penggunaannya:
  • Masuk ke tautan berikut https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  • Tunggu hingga halaman termuat sepenuhnya, selanjutnya anmasukk tautan website anda yang ingin di tes kecepatan pemuatannya.
  • Jika sudah, kemudian tekan tombol enter browser anda atau tekan tombol "ANALISIS"
  • Tunggu hingga proses yang dilakukan oleh sistem, dan kamu akan disuguhkan hasil analisa kecepatan pemuatan website anda

Mudah bukan?

2 Komentar untuk "Tools Untuk Mengetahui Kecepatan Loading Website"

  1. Iya tuh gan. Blog Saya itu loading agak lanabat. Kalo dicek menggunakan tools kemaren di C dan D. Kemudian ane mulai ngurangin tuh iklan adsense, sama halaman yang gak berguna tak hapus, gambar juga tak kompres betul ukuranya. Alhamdulilah kemaren dicek udah keatasnya lagi yaitu B dan C

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya, segera di perbaiki mas, biar dapat bersaing di SERP Google

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel