Manfaat Daun Binahong Untuk Luka

Manfaat Daun Binahong Untuk Luka

Aktivitas yang terlalu padat tentunya membutuhkan konsentrasi yang optimal, apabila kita tidak fokus seringkali hal-hal kecil terabaikan, sehingga beresiko mengalami kecelakaan.

Pengobatan luka luar seperti jatuh, luka tersayat, memar, luka terbakar, seringkali kita menggunakan antiseptik yang berbahan kimia. Sebab selain praktis, hasil penyembuhan memakai antiseptik dirasa lebih cepat.

Namun apa salahnya jika kita mencoba menerapkan pengobatan alami dengan menggunakan daun binahong. 

Benarkah demikian?

Binahong (Anredera Cordicofolia) merupakan salah satu tanaman yang dapat dimaanfaatkan sebagai obat. Bagian daun, umbi, akar, batang dan bunga dari tanaman binahong dapat berfungsi untuk penyembuhan.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Mata
Hal itu disebabkan adanya kandungan antioksidan dan zat antimikroba pada tanaman yang terdiri dari Flavonoid, Saponin, Alkaloid, Terpenoid dan minyak atsiri.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah Bopeng

Pada jurnal tentang Obat Herbal Antikabteri Tanaman Binahong, Alkaloid merupakan zat tumbuhan sekunder yang terbesar, mengandung senyawa bersifat basa yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen. Minyak atsiri merupakan senyawa volatin yang dihasilkan oleh jaringan tertentu suatu tanaman, dapat berasal dari akar, batang daun kulit, bunga, biji dan bunga.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Rambut

Ketika kamu mengalami luka, ambil 5 hingga 7 lembar daun binahong, lalu dihaluskan. Setelah itu, tutup luka dengan daun binahong tersebut. Biarkan hingga beberapa saat, kemudian luka akan mengering. Sebaiknya lakukan pergantian daun binahong secara rutin untuk penyembuhan yang lebih optimal.

Selain itu, hasil penelitian lain tentang khasiat daun binahong (Anredera Cordicofolia (Ten.) Steenis), menyimpulkan bahwa pembentukan jaringan granulasi yaitu jaringan fibriosa yang terbentuk dari bekuan darah pada proses penyembuhan luka lebih banyak dan pertumbuhan sel-sel kulit muda untuk menutupi luka lebih cepat jika menggunakan daun binahong.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Binahong Untuk Luka "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel