Benarkah Setelah Kuret Membuat Wanita Sulit Hamil? Ini Kata Dokter


Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Kenapa jika wanita sudah kuret jadi susah hamil? Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi? Tolong berikan tips sehatnya biar cepat hamil lagi. Terima kasih. (rachel sott)

Jawaban

Dalam istilah kedokteran, kuret dikenal dengan istilah dilatasi atau kuretasi dimana terjadinya tindakan pembedahan berupa pembersihan di dalam dinding rahim, sedangkan bagian yang dikuret yaitu lapisan yang menebal dikarenakan pembuahan ovum yang menjadi bantalan untuk janin atau dikenal dengan endometrium.

Penyebab hingga saat ini belum hamil dapat disebabkan oleh banyak faktor selain dari riwayat kuret sebelumnya, diantaranya adalah :
  • Aktivitas hormonal masih belum kembali normal pasca kuretase
  • Jaringan rahim masih dalam proses penyembuhan
  • Siklus menstruasi belum teratur, sehingga sulit menetapkan masa subur
  • Frekuensi hubungan seksual kurang sering
  • Stress atau ketegangan fisik maupun mental dari kedua pasangan
  • Masalah pada pria
  • Masalah pada organ reproduksi wanita (endometriosis, dll)
Pada umumnya rahim yang normal setelah melakukan operasi kuret berkisar antara 3-4 minggu, sedangkan untuk mengetahui kondisi rahim yang normal maka dapat diperhatikan dalam siklus datang bulan dan juga pendarahan yang semakin lama semakin sedikit dari pertama kalinya atau dapat juga memastikan menggunakan pemeriksaan menggunakan alat USG. 

Selain itu bagi Anda yang ingin melancarkan haid untuk menunjang kesuburan sebaiknya memperbaiki asupan gizi dan juga menghindari stres. Dengan pikiran yang tenang dan juga menghindari stres maka akan membuat kondisi tubuh menjadi seimbang dan memicu hormon pengatur siklus mentruasi normal kembali.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Setelah Kuret Membuat Wanita Sulit Hamil? Ini Kata Dokter"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel