Benarkah Sering Makan Es Batu Bisa Bikin Berat Badan Meroket


Salah satu kebiasaan yang cukup menonjol dari bertambahnya berat badan Titi Wati adalah kebiasaannya mengunyah es batu. Namun benarkah ada hubungan dari kebiasaan mengunyah es batu dengan berat badan yang naik drastis?

Faktanya, mengunyah es batu tidak akan membuat seseorang jadi gemuk. Es batu terdiri dari air yang tidak memiliki kalori.

"Enggak kok. Es batu itu sama sekali enggak menyebabkan (seseorang) gemuk," kata dokter spesialis gizi klinis Marya Haryono saat dihubungi Health Liputan6.com .

Kondisi lain terjadi bila mengunyah es batu yang disertai minuman berasa. Risiko seseorang menjadi gemuk bisa terjadi.

"Iya, kalau es batunya disertai minuman berasa. Atau jika minum es batu disertai makanan dan cemilan yang banyak," tambah Marya, yang berpraktik di RS Siloam Kebun Jeruk, Jakarta.

Dokter Nitish Basant Adnani dari KlikDokter menjelaskan, mengonsumsi es batu sesekali mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, jika sudah sering dilakukan terus menerus, menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu.

Kondisi ini termasuk salah satu gangguan makan yang dikenal sebagai pica. Pica adalah suatu kondisi yang mana seseorang mengonsumsi satu atau lebih hal yang bukan makanan secara kompulsif. Misal, es, tanah liat, abu atau kotoran.

"Kebiasaan mengonsumsi es secara kompulsif atau berlebihan juga dikenal dengan istilah pagofagia. Pagofagia merupakan salah satu tipe dari pica," jelas Nitish, dikutip dari KlikDokter.

Jika seseorang sering punya keinginan untuk mengonsumsi es batu, maka dapat menjadi tanda, ia mengalami defisiensi (kekurangan) nutrisi tertentu atau gangguan makan.

Selain itu, mengunyah es batu dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan gigi. Lapisan enamel dan kerusakan gigi adalah kondisi yang secara umum terjadi akibat mengunyah es batu.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Sering Makan Es Batu Bisa Bikin Berat Badan Meroket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel