Cara Mencegah Stunting dengan Benar


Saat memiliki buah hati, orang tua pasti akan memberikan perawatan terbaik agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu perawatan yang sering orang tua lakukan adalah mencegah Stunting. Cara pencegahan Stunting cukup beragam, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan.

Apa Itu Stunting?

Stunting merupakan suatu permasalahan yang terjadi akibat kurangnya asupan gizi. Kondisi ini menyebabkan tumbuh kembang anak menjadi terganggu. Oleh karena itu, orang tua harus melakukan pencegahan stunting dengan beberapa cara. 

Permasalahan ini bisa terjadi sejak anak berada dalam kandungan. Untuk melakukan pencegahan stunting, ibu hamil harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Tujuannya agar anak tidak lahir dengan ukuran yang kecil.

Cara Mencegah Stunting Paling Benar

Pada saat sedang hamil, ibu hamil harus melakukan beberapa cara agar anak dapat lahir dengan sehat. Sebab kesehatan ibu hamil mempengaruhi kesehatan janin. Berikut beberapa cara untuk mencegah stunting dengan benar, yakni:

1. Menerapkan Pola Asuh dengan Benar

Agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, orang tua harus menerapkan pola asuh dengan benar. Salah satu pola asuh yang benar adalah memberikan asi eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan. Pemberian asi eksklusif juga bisa ibu lakukan sampai anak berusia 2 tahun.

2. Memberikan MPASI yang Optimal

Pencegahan stunting menurut WHO yang benar adalah memberikan MPASI secara optimal. Pada saat berusia 6-23, bayi harus mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI secara optimal. Aturan pemberian makanan pada bayi harus mengandung beberapa gizi.

3. Menjaga Kebersihan Si Kecil dengan Baik

Pencegahan stunting yang selanjutnya yaitu menjaga kebersihan si kecil dan lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan agar anak tidak mudah sakit. Selain itu, Orang tua juga harus rutin membawa anak ke posyandu untuk melakukan imunisasi. Tujuannya agar anak terhindar dari stunting.

Berbagai cara mencegah stunting di atas, dapat Anda terapkan pada si kecil. Selain itu, saat anak berusia 2 tahun ke atas berikan susu formula. Salah satu produk susu terbaik bisa Anda dapatkan dari pediasure.co.id. Terlebih susu dari perusahaan ini memiliki rasa yang bervariasi, sehingga anak tidak mudah bosan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Stunting dengan Benar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel