Manfaat Daun Afrika Untuk Asam Lambung

Manfaat Daun Afrika Untuk Asam Lambung

Sistem pencernaan dalam tubuh manusia merupakan proses kompleks yang melibatkan banyak struktur, asam lambung, dan berbagai enzim. Salah satu substansi yang memiliki peranan paling penting yang terlibat dalam pencernaan yaitu asam hidroklorida, atau yang dikenal sebagai asam lambung.

Sebab tanpa adanya asam lambung, maka pencernaan dan absorpsi nutrient tidak mungkin dapat terjadi. Salah satu bahan herbal yang bermanfaat untuk mengkontrol asam lambung adalah daun afrika.

Kandungan Gizi Daun Afrika

Berdasarkan hasil dari studi National Center for Biotechnology Information, terdapat beberapa kandungan didalam daun afrika diantaranya protein tinggi, lemak, serat, abu, mineral, fitat dan tanin, sianida dengan konsentrasi rendah, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin B2.

Manfaat Daun Afrika untuk Asam Lambung

Asam lambung atau yang dikenal sebagai Gastroesophangeal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada bagian ulu hati atau seperti rasa terbakar akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan (esofagus).

Berkat kandungan pada daun afrika menjadikan tanaman ini sebagai salah satu tanaman obat yang dipercaya mampu mengatasi masalah asam lambung. Sebab daun afrika dapat mentralisir kadar asam lambung berlebihan.

Konsumsi daun afrika dipercaya dapat menjadi suplemen yang mengatasi ulkus lambung. Selain itu, menurut beberapa penelitian ekstrak daun afrika juga diketahui memiliki efek inhibitori terhadap urease yang dihasilkan oleh Helicobacter pylori.

Bahkan, daun afrika juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori. Selain itu, ekstrak daun afrika juga memiliki kemampuan meningkatkan sistem imun terhadap mukosa lambung.

Bahkan, kandungannya dipercaya mampu menghilangkan konsentrasi mucus dinding lambung, memproduksi senyawa NP-SH yang mampu menjaga integritas mukosa.

Cara Pemanfaatan Daun Afrika

Cara pengolahan daun afrika dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

1. Dikunyah langsung

  • Pastikan bahwa daun afrika yang akan dikunyah langsung harus dicuci bersih. Setelah bersih, maka Anda dapat mengunyah air dan membuang ampas daunnya
2. Diseduh menjadi teh

  • Siapkan 3 – 5 lembar daun afrika yang masih segar dan muda, dicudi hingga bersih dan diiris tipis untuk dimasukkan pada wadah dan diseduh dengan air panas sebanyak 2 gelas air bersih. 
  • Selanjutnya, api rebusan dikecilkan hingga tersisa satu gelas. 
  • Teh bisa diminum dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Afrika Untuk Asam Lambung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel